unsur terpenting mengawali blogging

Ibarat membangun sebuah rumah, membuat blog juga memerlukan tahapan-tahapan yang kurang lebih serupa. Mulai dari peletakan batu pertama hingga diakhiri dengan perawatan reguler dan berkesinambungan terhadap ruang-bentuk yang lazim kita sebut sebagai tempat tinggal itu. Kesamaan antara keduanya hanya dibatasi oleh satu perimeter yaitu bentukan fisik alias dimensi kebendaan, online vs offline. Pertanyaannya sekarang adalah apa yang membuat rumah tetap berdiri kokoh?

kerangka bangunan rumah

blogmu rumahmu

Tembok keh? Pilar keh? Genting keh? salah salah salah //* Upin Ipin mode: ON *//. Rasanye pertanyaan ni anak tadika aje udah banyak yang tau,…yak betul betul betul! Jawabannye pasti pondasi. Model bukan pasal utame, lain dengan komposisi campuran bahan ‘tuk cipte pondasi — komposisi yang tepat mampu maklumatkan lame rumah berdiri. Naah, materi ape aje yang nak kite tau ‘tuk buat pondasi blog tuu? Yuk kita bahas bersame…. //* kebablasan deh lidahnya /splokk! *//

Ada beberapa poin penting yang sifatnya setengah mutlak untuk kita miliki jika ingin blog kita berusia panjang dan mampu bersaing dengan jutaan blog lain di luar sana antara lain:

  • cinta dan hasrat yang menggelora
  • kemauan kuat untuk belajar
  • pencitraan penulis dan tulisan

Kecintaan dan hasrat besar terhadap dunia ngeblog melandasi pun serta merta menentukan kualitas dan arah blog yang kita kelola secara otomatis (meski tanpa kita sadari). Tanpa ketertarikan yang super terhadap apa yang kita miliki dan lakukan tentunya hanya akan membuang waktu, tenaga, pikiran, emosi, ekonomi, plus kehidupan sosial sehari-hari. So, jangan mimpi blogmu bakal eksis jika kamu cuma ikut-ikutan tren punya blog biar dibilang keren.

Tanpa adanya kemauan kuat untuk belajar, utamanya mempelajari hal-hal baru dan sifatnya dinamis, mustahil bagi kita untuk mampu memelihara blog secara intens dan berkesinambungan. Mengingat dan menimbang //* cieee…pinjem istilahnya Pak Camat *// perkembangan dunia ngeblog dan internet punya tendensi untuk selalu berubah-ubah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan dunia informasi yang serba instan dan cepat. Mungkin perlu ditambahkan juga poin fleksibilitas. Kita harus memupuk sifat fleksibel dalam menghadapi perkembangan jaman. Kata buyutku sih, “flexibility is a key“.

Memang rasanya kurang afdol jika kita ngeliat buku cuma dari sampulnya, tapi gak peduli apa kata monyet orang…penampilan tetap menjadi faktor terpenting dalam membangun kesan dan mampu mempermudah penyampaian pesan yang kita inginkan. Kesan pertama haruslah menggoda, selanjutnya terserah anda… //* kaya’ iklan tivi aja *//
Pokoknya kurang lebih begitu deh, sori kalau ngomongnya sedikit mbulet. Maklum…gak pernah makan bangku sekolah (hehe…yang pernah makan pasti tahu rasanya bangku…)

WordPress tau betul kebutuhan kita itu [*bukan post berbayar]. Makanya disediakan sarana pendukung seperti WP doc support, forum, kaitkata global, penyelancar blog, readomattic, pelacak komentar, dan banyak fitur lain yang dapat kita akses dari panel admin demi keperluan pembangunan pondasi blog kita dan pondasi komunitas besar pengguna WordPress pada scope yang lebih luas. Beranjak ke peracikan bahan pondasi, apa aja sih yang bisa kita lakuin buat membangun citra blog dan pemiliknya?

Hyaah…waktunya blogwalking nih… //* sambil ngelirik jam *// ntar diterusin lagi di postingan berikutnya aja ya. Sementara cukup segini dulu, barangkali diantara kamu ada yang mau nambahin selain tiga poin di atas?

  1. #1 by Ilham Kudo on Februari 1, 2011 - 09:34

    Ngga nambahin apa” lgi nih… *ngelirik jam*
    Saatx blog walking nih (ikut”an)

    • #2 by BabaliciouS on Februari 1, 2011 - 16:55

      blogwalking lagi ah daripada ditagih terusannya nih artikel *nglempar jam ke dinding!*

  2. #3 by Rachmad a.K.a Gorengan on Februari 3, 2011 - 20:14

    Blogwalking mas br0ww. .Nice artikel. . ..

  3. #5 by obat telat bulan on November 3, 2013 - 19:04

    makasih infonya, mau nulis artikel dulu ah…

  1. BloginTrik: racik pondasi, kokohkan supremasi. « Blog | in | Trik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: